My Journey Through College

Halo!
Salam kenal teman teman semua!
Kali ini gue akan berbagi sedikit pengalaman dan perjalanan gue selama masa SMA terkait pendidikan. Yuk disimak!


PENCARIAN 


Perkenalkan! Nama gue Najwa dan gue bersekolah di kota kecil tepatnya di SMAN 3 Kota Sukabumi.
Waktu gue masuk SMA, gue disuruh oleh orangtua untuk memilih jurusan IPA. Gue membenarkan bahwa pada masa itu jurusan IPA adalah jurusan dimana para orangtua berpikir untuk menempatkan anaknya, begitu pula dengan orangtua gue.

Gue dan kembaran gue (fyi gue punya kembaran) memilih jurusan IPA ketika tes masuk dan akhirnya kami lolos di sma favorit tersebut.
Awalnya gue seneng aja tuh sampai tibalah waktu masa SMA dimulai. Selesai masa ospek, dan kegiatan belajar sudah mulai berjalan, gue memiliki kejanggalan dalam hati.

Terutama ketika tes harian pelajaran matematika peminatan,fisika,kimia dan pelajaran yang berbau 'ipa banget'. Gue emang tidak pintar juga tidak bodoh dalam pelajaran IPA ketika gue SMP. Gue tau gue bisa, namun kali ini berbeda, rasanya tidak ada ketertarikan dalam materi yg dijelaskan oleh guru. 

Setelah jalan hampir satu semester, suatu malam gue iseng masuk ke kamar kaka laki-laki gue (kaka gue kelas 2 SMA di jurusan IPS) dan membaca beberapa buku nya. Dan entah kenapa gue ngerasa nyaman dan tertarik. 

Setelah itu selama beberapa hari gue mengalami kegalauan antara ingin pindah jurusan atau tetap berada di jurusan IPA. Hampir seminggu galau, akhirnya gue memutuskan untuk pindah jurusan. Kebetulan di sekolah gue, boleh pindah jurusan jika masih semester satu kelas satu. Gue bilang ke orangtua tentang hal tersebut, untungnya setelah gue jelaskan orangtua gue mengerti dan membantu gue pindah jurusan.

Gue jadi inget apa yang Bang Sabda pernah bilang:


"Andaikan hidup itu film, lo adalah pembuat naskahnya" 


Siapa Bang Sabda? Nanti gue ceritain, makanya baca sampai selesai ya!

Maka untuk kalian semua yang sedang membaca artikel ini, jika kalian sedang berpikir untuk pindah haluan maka lakukanlah! Jalani lah apa yang kalian minati! Dan yang terpenting, ikuti kesenangan terdalam kalian!



PANGGILAN UNTUK BERPETUALANG

Awal bertemu 


Setelah pindah jurusan, tidak otomatis gue mendapat berbagai kemudahan yang gue bayangkan. Gue mulai mengalami beberapa masalah seperti masalah pertemanan dan masalah gaya belajar. Bahkan gue pernah diomongin sama anak kelas IPA lain karena pindah jurusan, ya kalian tau sendiri lah kira-kira gimana pandangan oranglain liat anak IPA pindah jurusan ke IPS. 

Ketika itu, semester satu akan usai dan rasanya sangat berat terutama dalam mengejar pelajaran IPS. Ditambah rata-rata guru nya sangat cepat ketika menjelaskan materi dan gue selalu keteteran. Walaupun udah gue rekam di hp, hal itu malah membuat tidak efektif dan efisien. 

Gue masih ingat saat itu sore hari, gue lagi di kamar dan tiba tiba terlintas dalam pikiran untuk search bimbel online. Gue lihat satu satu artikel yang ada dan sampailah gue melihat artikel tentang Zenius. Artikel tersebut berisi pengalaman user Zenius  yang merekomendasikan bimbel online Zenius. 





Akhirnya gue belilah voucher zenius yang 3 bulan. 
Awalnya sih hanya coba coba dan hanya karena akan menghadapi ulangan akhir semester. Saat itu gue masih malas dan tidak terlalu percaya dengan apa yang bisa bimbel online berikan, apalagi ketika itu voucher Zenius sangat murah berbeda dengan yang ditawarkan bimbel online lain. 


Selesai UAS, tersia sialah voucher Zenius yang gue beli. Gue nyaman banget sama video Zenius yang visualnya hanya coret-coretan dan audio. Ga kaya bimbel online lain yang tutornya muncul. Gue pernah coba juga pake bimbel online lain tapi ga sreg, mata gue malah jadi kemana-mana.


Ketika gue duduk di kelas 2 awal. Gue udah merencanakan untuk ikut SBMPTN. Namun masih mengambang karena tidak mempunyai arahan yang jelas. 
Untungnya, Zenius itu ketika kita beli voucher nya, kita bisa akses semua pelajaran di semua tingkatan, termasuk materi SBMPTN. Mau lo masih SMP, lo tetep bisa liat materi SMA ataupun sebaliknya. 
Akhirnya gue coba pake lagi dan lihat-lihat blog zenius. Saat itu lah gue merasa takjub sekaligus shock kenapa gue sebelumnya ga tau ada blog seperti itu.


Orangtua gue memutuskan untuk membelikan Xpedia kelas 11. Satu IPS dan satu lagi IPA untuk kembaran gue. Maka dimulai lah perjalanan gue yang sesungguhnya dengan Xpedia sebagai pemandu gue.



KESENANGAN TERDALAM


Singkat cerita, gue ketagihan belajar. Gue pun awalnya ga percaya dan gatau alasan kenapa gue bisa seperti itu. Yang gue tau gue sangat enjoy dan rasa nya ingin lagi ingin lagi belajar. Terutama gue paling suka sama materi sejarah dan Zenius Learning nya. Nah Bang Sabda yang gue sebut di awal artikel adalah tutor Zenius Learning. Gue bahkan catat semua yang tutor jelaskan perkata! Dan gue catat di buku folio besar khusus untuk setiap pelajaran.







( buat yang mau file nya: https://drive.google.com/drive/folders/1GPiMYbJhvgjjydG2odXoc1MgMKEoj-43?usp=sharing )




Mulai dari materi masuknya hindu budha sampai materi reformasi Indonesia, dari materi kurun niaga sampai materi perang dunia. Itu semua gue tulis di buku folio gede gue dan gue namain buku sakti. Karena ya emang ajaib banget. Sejarah yang dulu gue ga suka dan dijelasin guru aja males banget, sekarang yang ada malah gue tiap malem belajar itu!


Masa masa tersebut adalah masa yang sangat berharga untuk gue. Bertemu dengan Zenius merupakan salah satu anugerah terbesar. Saat itu gue tidak hanya memikirkan belajar untuk UAS aja tapi gue belajar karena gue pengen. 


Lo pernah ga sih ngerasain saking suka nya lo saking enjoy nya lo dalam suatu bidang, lo jadi ga bisa berhenti ngelakuin nya? Itu lah perasaan gue ketika belajar dari Zenius ini. Lo belum pernah ngerasain feel nya? Makanya pake Zenius. Udah pake Zenius tapi masih B aja? Makanya belajar yang efektif.


Oh ya, sebenernya gue dulu tuh ga tau, ga ngerti, dan ga peduli sama SNMPTN makanya gue ga terlalu ngeliat nilai raport. Karena semenjak gue pindah ke IPS, satu satunya plan gue yaitu SBMPTN. 


Tapi karena Zenius, nilai raport gue jadi bagus bagus dong.
Dari yang awalnya nilai gue paling 70-80, sekarang tiap semester jadi 85-95. 
Kok bisa? 
Sejujurnya, dulu tuh nilai UAS gue cuma lumayan dan ga 'waw'. Nah tapi karena gue sering disuruh sama guru buat presentasi dan rata-rata materi itu tuh sebelum nya udah gue pelajari melalui Zenius, akhirnya gue bisa menjelaskan dengan baik dan dapet nilai plus.
Bukti nya apa? Salah satunya nilai raport ekonomi gue semester 3 naik dari 82 jadi 90. Semester 4 dan semester 5  berturut turut gue dapet nilai 97. Dan semester 6 terakhir gue dapet nilai 99 di raport gue. 


Mungkin menurut beberapa orang nilai segitu biasa aja, tapi bagi gue yang baru pindah ke IPS, gue yang murid b aja, ga menonjol, dan bukan murid 'wah' pinternya, itu salah satu pencapaian besar dalam hidup gue. 


Nah, walaupun gue belum naik ke kelas 12, materi-materi SBMPTN secara ga sadar udah gue cicil. Mental gue udah mulai kuat berkat Zenius Learning. Dan itu gue lakuin sebelum nya karena gue enjoy banget, bodo amat materi nya bakal keluar di SBMPTN atau engga yang penting gue belajar apapun itu yang ada di zenius. Bodo amat mau ada ulangan atau engga yang penting tiap malem gue pantengin laptop mainin Xpedia. Cuma itu doang keseharian gue di kelas 11.


Gue pun ga nyadar Zenius udah bener-bener toxic, waktu di jalan berangkat ke sekolah gue tonton Zenius, di kelas kalo ga ada guru gue tonton Zenius, sampe di wc pas gue tungguin temen, gue tonton Zenius! Seserius itu dan gue baru sadar pantesan temen-temen gue ga pernah berani ganggu kalo gue udah megang hp + pake earphone. Soalnya gue kalo lagi belajar jadi galak. 
Dan malem nya gue selalu catat semua materi yang tadi  gue tonton.

Mungkin siklus orang lain 'belajar karena ada tujuan lalu karena senang' tapi kalo gue malah kebalik, beginilah kira-kira:



'belajar karena senang lalu poin plus nya gue udah mempersiapkan jalan menuju tujuan gue'  


Serius, enak banget rasanya belajar karena kemauan diri kita sendiri. Belajar untuk membuka wawasan, belajar tingkatin softskill kita, ataupun belajar membuka pikiran.

Naik kelas 12, gue makin serius dalam belajar. Orangtua gue beliin Xpedia lagi, kali ini Xpedia kelas 12. Kalo kemarin-kemarin gue belajar karena ketagihan, sekarang gue belajar karena gue udah terbiasa dan poin plus nya gue udah siap SBMPTN, baik itu materi dan mentalnya. Impian gue saat itu adalah kuliah di Psikologi UGM.










Karena materi-materi SBMPTN yang ada di Zenius hampir semua udah gue tulis, sekarang gue tinggal baca ulang, meresapi dan latihan soal. Setiap hari hidup gue penuh oleh Zenius. Bahkan liburan ke luar kota pun gue selalu tonton tuh Zenius.


Dari perjalanan ke sekolah gue tonton Zenius, nungguin temen di wc gue pun tonton. Waktu guru ngajar yang menurut gue ga berhubungan sama SBMPTN gue malah tonton Zenius. Di kelas 3 tuh kan sering banget gaada guru yang ngajar, nah gue ambil kesempatan buat kabur bareng temen dan gue pulang buat belajar. Gue juga sering bolos upacara, gue ngumpet di wc sambil tonton Zenius. Yang ini plis jangan diikuti ya karena yang ini ga bener haha.  



Seambis itu lah gue dulu. Waktu itu sih gue belum ngerasa capek karena gue enjoy banget, apalagi pas ekonomi dan tutornya Bang Sabda. Walaupun bakal ada fase dimana kalian bosen, ketika hal itu terjadi gue biasanya buka blog zenius, ngisi buku english for beginner, ataupun nonton drama korea.






Singkatnya, waktu semua kegiatan dan kewajiban murid kelas 3 udah selesai, saat nya gue ngelaksanain Ujian Nasional. Dulu tuh gue bingung mau pilih UN apa, kalo sejarah ada gue pilih sejarah deh. Tapi karena gaada akhirnya gue pilih UN Geografi. Nah dari semenjak gue bisa baca tulis dan berbicara, ga ada tuh sejarah nya gue suka belajar geografi, oh iya kelas 11 pun pas gue nyatat materi gue skip yang geografi nya. 

Gue milih UN Geografi itu gara-gara kata temen gue gampang, Ternyata oh ternyata tetep susah. Apalagi kalo udah soal batuan, rasanya mau skip aja.  

Tapi daripada ngeluh terus kan akhirnya gue putusin belajar lewat Zenius pelan pelan, gue catat kata per kata tutornya di buku folio besar juga. Dan kalian tau ga? Alhamdulillah gue dapet nilai 96 dalam UN Geografi. Ya mungkin bagi sebagian orang itu biasa aja, tapi bagi gue yang gasuka geografi dan baru belajar pas mau UN itu jadi kebanggan tersendiri buat gue.
Dan Alhamdulillah di sekolah, gue masuk kategori 10 besar peraih nilai UN tertinggi.

Ketika perpisahan sekolah pada 27 April 2019, gue dikejutkan lagi dengan terpilihnya gue sebagai peraih nilai USBN tertinggi di kelas. Gue di suruh maju ke atas panggung dan diberi medali oleh kepala sekolah.







JALAN YANG PENUH COBAAN DAN KEAJAIBAN



Tapi perjalanan kita tidak akan selalu mulus bukan?
Begitu pula dengan perjalanan gue. Gue lolos dalam 50% kuota SNMPTN. Pas gue konsultasi sama guru bimbel gue, gue di suruh milih UNPAD jurusan manajemen ataupun jurusan yang masih berhubungan dengan ekonomi, karena melihat nilai raport ekonomi gue yang lebih tinggi dibanding nilai pelajaran lain.

Cuma dari dulu tuh cita-cita gue adalah menjadi seorang psikolog. Dan gue gamau seandainya gue lolos SNMPTN, gue ga menikmati jurusan tersebut. Itu pun gue sadari dari artikel Zenius loh.


Akhirnya, gue lebih milih daftar di Psikologi UPI, berhubung Psikologi UNPAD khusus jurusan IPA, dan gue ga percaya diri daftar di psikologi universitas top yang lain. Dan gue hanya daftar satu jurusan di satu universitas. Itu bego nya gue, ga punya Plan B. Karena gue juga kemakan sama konsultasi yang bilang peluang lolos nya 90%.


Sebelum pengumuman SNMPTN, dalam hati gue ngerasa ada yang janggal, ga beres, feel nya kaya pas gue di jurusan IPA. Gue yakin gue lolos, tapi di satu sisi gue mulai ngerasa ga sreg sama pilihan gue. Gue berdoa ke Tuhan, seandainya gue lolos, semoga itu adalah jalan yang terbaik. Dan seandainya gue ga lolos, semoga gue lolos di jalur SBMPTN.


Di hari pengumuman SNMPTN tepatnya 22 Maret 2019, jam tiga pagi gue tiba-tiba bangun entah kenapa, gue cek line dan ada yang bilang di grup kalau server SNMPTN eror dan data bocor. Jadi pengumuman udah bisa kita cek saat itu juga. Gue panik dan langsung buka web, dan ini hasilnya:





Sesuai feel yang tiba-tiba down, gue ternyata ga lolos. Ada rasa sedih, kecewa, putus asa, inget semua keringat yang udah gue keluarin demi nilai, walaupun gue dulu ga berpikir untuk ikut SNMPTN tetep aja rasanya sakit.

Ga lulus SNMPTN, pasti rasanya sedih, kecewa, dan berat banget. Apalagi kalo temen-temen lo banyak yang lolos SNMPTN, lo makin ngerasa "sendiri". Terutama gue saat itu nyesek nya karena kembaran gue lolos SNMPTN di Statistika UNPAD. Dan tentunya keluarga heboh ngerayain.


Terus apa yang gue lakukan saat semuanya tidak berjalan sesuai rencana?

  • Take a Break. Wajar kok kalo kita ngerasa sedih, kecewa, dan putus asa. Apalagi jika kita udah bener-bener berharap lolos. Ambil waktu. Waktu untuk menyendiri, untuk berpikir, dan untuk rebuild pertahanan kita. Bisa itu satu hari, dua hari, ataupun satu minggu. Kita butuh jeda untuk dapat memulai jalan baru dengan kekuatan penuh bukan?
  • Don't Blame. Nah ini jujur aja yang paling sering gue ataupun mungkin lo semua juga lakukan. Menyalahkan orang lain, menyalahkan keadaan, menyalahkan Tuhan, atau menyalahkan takdir. Walaupun berat, walaupun rasanya ga bisa sedikit pun ga nyalahin oranglain, tapi plis jangan. Ambil lah tanggung jawab lo. Lo yang memilih dan lo adalah satu-satu nya orang yang akan menanggung hasilnya. Lebih baik lo koreksi dimana sih kesalahan lo hingga hasilnya ga sesuai prediksi. It may take a long time, but don't worry too much, its not the only way to reach your dream. 
  • Don't Excuses. Jangan banyak alesan untuk memulai hal baru dan untuk mencoba jalan lain. Masa depan lo dipertaruhkan. Kalo lo ga lolos SNMPTN maka hidup lo berakhir gitu? masa depan lo ga menentu gitu? impian lo pupus gitu? ENGGAK selama lo mau berusaha cari jalan lain. Jadi lebih baik lo Take Action secepatnya.

Gue coba untuk ngelakuin itu semua. Semingguan gue ambil jeda entah itu dengan liburan, main dengan teman, ataupun menyendiri di kamar.
Pelajaran penting lain nya adalah:


 "JANGAN TERLALU BERHARAP DENGAN SNMPTN"


Karena kalo lo gagal, move on nya lama. Padahal kita udah harus siap dengan jalan lain.


Tanggal 25 April 2019, masalah datang kembali, kali ini kabar duka. Saudara gue yang usianya belum dua tahun meninggal dunia karena sakit. Hal tersebut sangat memukul gue dan keluarga.


Tanggal 16 Mei 2019, kabar duka datang kembali. Kakek meninggal dunia. Dan ini yang paling membuat gue stres. Kakek pernah bilang gini ke gue setelah beliau tau gue ga lolos SNMPTN, "Pokonya Ayah dateng kesini lagi, kamu udah lolos ya".
Fyi, gue manggil kakek dengan sebutan Ayah. Dan saat itu Ayah lagi berkunjung ke rumah gue.


Gue sedih karena sampai saat Ayah meninggal dunia, beliau ga tau cucu nya akan kuliah dimana. Padahal gue udah janji, akan secepatnya bawa kabar baik.
Akhirnya, nenek gue tinggal sendirian. Walaupun saudara selalu dateng dan menginap, tetap saja mereka punya kesibukan dan pekerjaan masing-masing. Karena rumah kakek nenek di Depok, gue mulai bertekad untuk masuk ke Universitas Indonesia. Agar gue bisa kuliah sambil jagain nenek gue.


Awalnya, sama sekali ga pernah terpikirkan untuk masuk ke universitas ini, bahkan bisa dibilang gue ga berani sama sekali berpikir untuk kuliah di UI. Karena gue berpikir gue belum pantes, tentunya banyak yang lebih pintar dari gue, makanya gue ga berani. Tapi kali ini, gue bertekad dan banting setir mimpi gue dari Psikologi UGM, Psikologi UPI, ke Kesejahteraan Sosial UI. Dan gue inget kata bang sabda:



"Lo bisa tentuin diri lo sendiri mau jadi apa, mau sepinter apa, mereka percaya mereka cerdas, akhirnya mereka cerdas!"



Tanggal  18 Mei, gue keliling UI bareng saudara. Gue berdoa disana, gue pegang bangunan nya, gue pegang kelasnya, dan gue rasain gimana rasanya kalo kuliah disana.






Ga lupa, gue foto disana dan gue jadiin wallpaper. Setiap hari kalau lagi capek, gue liat foto itu dan gue inget tujuan gue. Gue pengen kuliah sambil temenin nenek. Capek itu adalah tanda baik, tanda nya kita sedang memperjuangkan sesuatu.

Gue bersyukur banget gue kenal Zenius dari kelas 10, gue jadi ketagihan belajar, seneng dengan proses belajar itu sendiri, gue jadi nyiapin segala tentang SBMPTN, dan jalan jadi lebih mudah buat gue. Satu-satu nya yang gue takutin, masalah terbesar gue, adalah diri gue sendiri. Kadang gue masih suka males-malesan, masih suka mengeluh, masih suka menyalahkan orang lain, menyesal salah pilih dalam SNMPTN, dan gue selalu takut gue berhenti di jalan. Nah karena inilah teman yang selalu support kita itu penting banget, agar kita tetap semangat dalam berjuang.

Oh iya, cara belajar gue itu gue selalu print dulu semua soal yang ada di Xpedia, lalu setelah gue belajar, catet materi, gue kerjain semua soalnya. Dan jangan lupa, kalo kerjain soal itu kerjain dulu semua sampai puyeng, baru liat kunci jawaban dan pembahasan nya.





Beberapa minggu berlalu, gue udah selesai UTBK, dan skor nya pun lumayan memuaskan. Tibalah waktunya untuk mendaftar SBMPTN. Dan pilihan gue jatuh pada:





Selama menunggu pengumuman, gue selalu berdoa. Gue juga isi waktu gue dengan mempersiapkan Ujian Mandiri. Untuk jaga-jaga akhirnya gue ikut banyak ujian mandiri, biar kejadian 'ga punya Plan B' dalam SNMPTN tidak terulang kembali. Ujian mandiri yang gue ikuti itu SIMAK UI, SM ITB, dan UM UGM.


Tepatnya tanggal 9 Juli 2019 jam 15.00 pengumuman SBMPTN dibuka. Gue udah doa-doa, udah dzikir segala macem, dan badan gue dingin parah. gue awalnya ga mau buka pengumuman nya, gue nunggu temen-temen gue duluan yang buka karena gue trauma takut kejadian ga lolos terjadi kembali. Akhirnya setelah gue tenangin diri dengan shalat ashar, gue baru berani buka dan ini hasilnya:






Alhamdulillah, perjuangan gue selama kurang lebih tiga tahun terbayar dengan lolos nya gue di Kesos UI melalui jalur SBMPTN.
Perjalanan gue yang berawal dari pindah jurusan, diremehkan orang-orang, kini gue bisa bales dengan prestasi gue.

Gue belajar banyak sekali dari Zenius. Terutama dalam nge-build diri kita, bagaimana kita belajar dengan benar, dan belajar membentuk pola pikir. Gue jadi belajar tentang proses belajar nya itu sendiri.
Buat kalian semua yang baca tulisan ini, inget apa yang Bang Sabda bilang:



"Lo adalah ciptaan diri lo sendiri, bukan oranglain yang menciptakan lo seperti apa. Lo sendiri yang menentukan lo seperti apa"



Kalo ada yang meremehkan kalian, percaya dan maju terus aja. Hidup akan terus berputar, masa depan kalian yang dipertaruhkan, kalo diri kalian stuck di satu tempat, siapa lagi yang bakal nolong kita selain diri kita sendiri? Siapa lagi yang bakal menepis segala omongan buruk dan ejekan tentang kita selain diri kita sendiri?


There's always gonna be another mountain, tapi tetaplah perjuangkan kesuksesan mu. Jare sopo aku ga iso?



Sekian dari gue, semoga tulisan gue ini dapat menginspirasi kalian dan tolong diambil yang baik nya ya! Terimakasih dan sampai jumpa.


Komentar

  1. Kak bisa minta link zenius xpedia 2.0 gk kak, soalnya aku perlu bet buat belajar utbk. Thx

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Study Tour SMP IT tahun 2016 ; ODS & DUFAN